12 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tenggat 30 Hari, DPRD Segera Bahas Tujuh Raperda


Tenggat 30 Hari, DPRD Segera Bahas Tujuh Raperda
Penyampaian tujuh Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Berau (Dayat)

KLIKBERAU.COM - DPRD Kabupaten Berau menggelar Paripurna penyampaian tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), masing-masing lima Raperda inisiatif DPRD, dan dua usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Senin, 24 Juli 2017.

Adapun lima Raperda inisiatif DPRD diantaranya Raperda tentang bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu, Raperda tentang perlindungan, pelestarian bahasa dan kebudayaan Barrau, Raperda tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan, serta program kemitraan dan Bina Lingkungan.

Selanjutnya Raperda tentang perlindungan Tenaga Kerja Lokal, dan Raperda tentang pengelolaan zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau.

“ Ini juga kita dibatasi sesuai Undang-undang,  setelah ini tidak lebih dari 30 hari sudah harus di Perda-kan. Kami pun segera menjadwalkan melalui Banmus, apakah nanti dengan kesepakatan pansus, atau dibahas per komisi," ujar Ketua DPRD Syarifatul Syadiah.

Namun demikian menurut Sari (sapaan akrabnya), sebelum 26 Agustus 2017 mendatang seluruh Raperda ini harus di paripurnakan untuk disahkan menjadi produk hukum daerah.

Menurutnya, pembahasan Raperda membutuhkan persetujuan anggota DPRD, sekaligus jika ada masukan akan disampaikan melalui pandangan akhir fraksi, atau Pansus.

"Makanya perlu segera dilakukan pembahasan," tandasnya.

Sementara dua Raperda usulan Pemerintah Kabupaten Berau meliputi Raperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan Anggota DPRD, serta  Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, tujuan Raperda ini sebagai bahan pembahasan selanjutnya. Dengan harapan, DPRD dapat memberi persetujuan terhadap Raperda yang disampaikan.

“Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh komponen masayarakat, khususnya jajaran Legeslatif, marilah kita bangun kehidupan yang lebih baik, kita jalin kelembagaan yang lebih erat, agar dapat bersinergi membangun daerah kita tercinta ini,” ungkapnya. (*)

Reporter : M Hidayat    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0