21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Inilah Tarsudin, Buruh Pengangkut Pasir yang Berhaji Tahun Ini


Inilah Tarsudin, Buruh Pengangkut Pasir yang Berhaji Tahun Ini
Tarsudin (kemenag.go.id)

KLIKBERAU.COM - Tarsudin baru saja menyelesaikan munajatnya di Raudhah. Matanya masih sembab karena tangis, merasakan kebahagiaan bisa beribadah di sekitar tempat Rasulullah Muhammad SAW berkhutbah.

"Nama saya Tarsudin, asal Banjarnegara. Ikut dalam kloter 1 embarkasi Solo yang tiba di Madinah Jumat malam," ujar Tarsudin, dikutip dari kemenag.go.id, Senin 31 Juli 2017.

Kondisi ekonomi Tarsudin dapat dikatakan pas-pasan. Dia mendapatkan rezeki dengan bekerja sebagai buruh pengangkut pasir. "Sehari-hari pekerjaan saya adalah muat pasir di sungai yang berjarak satu kilometer dari rumah," kata dia.

Penghasilan Tarsudin tentu tidak pasti. Kadang dia mendapat Rp60 ribu, kadang juga Rp20 ribu sehari. "Pendapatan sehari-hari kadang nyukupin untuk keluarga, kadang juga tidak," ucap dia.

Meski begitu, Tarsudin tidak menyerah. Dia pun mencoba menjalani profesi sebagai petani dengan menyewa lahan. Setiap hari selepas subuh, Tarsudin bercocok tanam di lahan sewaannya hingga pukul 08.00 WIB. Setelah itu, dia melanjutkan aktivitas mengangkut pasir hingga waktu sholat Dzuhur tiba.

"Kadang habis Dzuhur saya berangkat lagi ke ladang," tutur Tarsudin.

Pria berusia 49 tahun itu menanami lahan sewaannya dengan cabai, terkadang juga singkong. Jika kondisi tanaman cabai sedang bagus, Tarsudin bisa 15 kali panen cabai dalam setahun. "Alhamdulillah dari hasil bertani bisa ditabung untuk mendaftar haji pada tahun 2011. Dari pertanian, bisa melunasi (biaya haji) juga," kata dia.

Bisa bermunajat di Raudhah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Tarsudin. Matanya sempat berkaca-kaca saat menjelaskan apa yang dia haturkan kepada Sang Pencipta.

"Tadi berharap semoga ibadah haji saya diterima Allah. Saya menjadi haji yang mabrur. Semoga saya dan keluarga saya juga khusnul khatimah," kata Tarsudin.(*)

Reporter : Darwin Tri | Kemenag.go.id    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0