21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pengabdian, Sudah 8 Tahun Polisi Ini Ajar Ngaji Gratis Anak-anak Kutai Barat


Pengabdian, Sudah 8 Tahun Polisi Ini Ajar Ngaji Gratis Anak-anak Kutai Barat
Bripka Dayat, Polisi dan Guru Ngaji dari Kutai Barat. (Foto: Dok. Istimewa)

KLIKBERAU.COM - Delapan tahun sudah dilalui Bripka Dayat berbagi ilmu mengaji ke anak-anak di Kampung Srimulyo, Sekolaq Darat, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Dia anggota Polsek Barong Tongkok, Polres Kutai Barat, Polda Kalimantan Timur.

Layaknya petugas polisi umumnya, Dayat sehari-hari disibukkan dengan urusan memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Namun ada yang berbeda dengan sosok pria asal Jawa Tengah ini.

Selepas berdinas dia langsung memacu sepeda motornya untuk pulang ke rumah. Di rumah berdinding kayu, Dayat sudah dinanti puluhan anak yang ingin belajar mengaji. Cium tangan oleh anak-anak ini selalu menyambut kepulangan Dayat. Dayat mengajarkan anak-anak ini mengaji secara bergantian di ruang tamu rumahnya.

"Saya awalnya datang di Kampung Srimulyo RT 3, Sekolaq Darat, Kutai Barat ini, itu awalnya bulan Juni 2006. Terus 2008 itu awalnya ada 3 anak (belajar mengaji)," kata Dayat.

Seiring berjalannya waktu, jumlah anak yang belajar mengaji dengan Dayat ini bertambah. Pada tahun ke-8 ini, Dayat menuturkan sudah ada sekitar 30-40 anak. Mereka mulai dari balita hingga pelajar SMA. Dayat mengatakan sama sekali tak menarik biaya dalam memberikan pembelajaran agama ini. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan adalah bagian dari ibadah.

"Tidak mengambil biaya, karena tujuan untuk agama dan Kepolisian Republik Indonesia," kata dia.

Video kisah Dayat ini beredar di media sosial. Video diunggah akun YouTube 'Lestarikan Setiono Tyo I 46'. (*)

Reporter : Irwan B    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0