23 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kinerja Bawaslu Kaltim Terkendala Anggaran


Kinerja Bawaslu Kaltim Terkendala Anggaran
Ketua Bawaslu Kaltim, Syaiful. (klik)

KLIKBERAU.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilu Kaltim, Syaiful, mengeluhkan anggaran yang sampai hari ini belum cair.

Padahal, lanjutnya, Bawaslu Kaltim memiliki banyak program menyambut Pilgub tahun depan.

"Agenda Bawaslu banyak. Tapi terhambat karena belum turunnya anggaran," ujar Syaiful, 10/10/2017. Salah satu agenda yang mendesak adalah berkaitan dengan seleksi Panwascam.

Ia memberkan belum turunnya anggaran itu saat Sosialisasi UU 10/2016 tentang Pilkada. Hadir pula anggota Banggar DPR RI Hetifah dan Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh.

Usai sosialisasi, Hetifah, mengakui masih adanya masalah soal anggaran APBN, yang berimbas terhadap jalannya pemerintahan.

Namun, ia menampik rumor batalnya agenda Pilkada tahun depan. "APBN dan DBH memang berkurang hingga bisa menyebabkan kemungkinan turunnya APBD Kaltim. Tapi untuk dana Pilkada aman. Tetap berjalan," ujarnya.

DPR RI sendiri masih mematangkan pembahasan APBN 2018. Ia mengakui kantong negara sedang mengalami guncangan, termasuk merosotnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurutnya pendanaan mudah-mudah susah. "Di Banggar sendiri APBN tarik menarik. Uang itu terbatas," bebernya.

Namun, Hetifah buru-buru menegaskan, "Tetapi untuk Pilkada serentak sudah dialokasikan. Tidak akan terganggu," tuturnya.

Kendati demikian, ia belum mengetahui kapan anggaran untuk Pilgub Kaltim bisa dicairkan.

Keluhan belum cairnya anggaran terkait pelaksanaan Pilgub Kaltim juga disampaikan Ketua KPU Penajam Paser Utara, Feri Mei Effendi.

Ia bilang, pihaknya juga masih menunggu pencairan. "Belum turun anggaran," jelas Feri. Tahun 2018, rencana bakal digelar Pilkada serentak di 171 daerah.(*)

Reporter : Dicky Sera    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0