20 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Jalan Kaki Bontang - Sangatta, Cak Gareng Bawa Misi Kampanye HIV


Jalan Kaki Bontang - Sangatta, Cak Gareng Bawa Misi Kampanye HIV
Cak Gareng disambut hangat pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Sangatta, saat tiba di Gerbang Selamat Datang, Sangatta (Foto : Ardhan)

KLIKBERAU.COM - Wijianto alias Cak Gareng, akhirnya menginjakkan kaki di Sangatta, Kutai Timur (Kutim), Rabu, 26 Oktober 2016, sekitar pukul 09.00 pagi.

Pria berusia 35 tahun disambut anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Sangatta di Gapura selamat datang kota Sanggata.

Cak Gareng didiagnosa terkena virus HIV pada tahun 2011 lalu. Sejak saat itu, ia berniat mengelilingi seluruh kota di 20 provinsi Indonesia untuk mengkampanyekan dan informasi bahaya penularan HIV. Selain itu, ia ingin menghapus stigma buruk serta dikriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS), sebutan bagi penderita HIV.

Sebelum sampai ke Sangatta, Cak Gareng sudah mendatangi kota lain di Kalimantan Timur (Kaltim). Terakhir sebelum tiba ke Sangatta, Cak Gareng mampir ke Kota Bontang untuk menjalankan misi kampanye.

Ia mengaku berkeliling di Indonesia dengan berjalan kaki, sejak tanggal 7 November 2015. Kaltim merupakan Provinsi ke 17 yang sudah dikunjungi. Bersama ODHA lain di Indonesia, Cak Gareng berhak mendapatkan hak sosial sebagai warga negara, sebagai perwujudan sila kelima dalam pancasila, “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Di setiap kota yang dilintasi atau disinggahi, Cak Gareng menyebarkan informasi HIV/AIDS dalam berbagai cara. Mulai dari pembagian leaflet, stiker, serta diskusi informal dengan kelompok masyarakat di sekolah, kampus, dan wadah komunitas. (*)

Reporter : Ardhan Ahmad    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0