25 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pertama di Indonesia, Kaltim bentuk Forum CSR Pertambangan dan Energi


Pertama di Indonesia, Kaltim bentuk Forum CSR Pertambangan dan Energi
Ichwansyah bersama para pengurus Forum CSR Pertambangan dan Energi Kaltim. (umar/humasprov)

KLIKBERAU.COM - Asisten Bidang Ekonomi dan pembangunan Setdaprov Kaltim Ichwansyah sangat bersyukur karena Forum CSR Pertambangan dan Energi Kaltim sudah terbentuk dan kepengurusannya sudah dikukuhkan. Kehadiran forum ini menjadi yang pertama di Indonesia. Diharapkan Forum CSR Pertambangan dan Energi Kaltim bisa menjadi pilot project di Indonesia.

"Keberadaan Forum CSR tersebut mengacu kepada Permen No 41 thn 2016. Dan inj merupakan satu-satunya dan pertama di Indonesia. Diharapkan bisa menular ke daerah lainnya," kata Ichwansyah saat mewakili Gubernur Awang Faroek pada acara Gala Dinner CSR Pertambangan yang dilaksanakan di Grand Jatra Hotel Balikpapan, Kamis (8/2).

Menurutnya, keberadaan Forum CSR tentu tidak lepas dari dukungan Kementerian ESDM khususnya jajaran Ditjen Minerba, instansi terkait serta stakeholders di Kaltim. "Oleh karena itu, kami harapkan pendapatan perusahaan semakin besar sehingga CSRnya juga semakin meningkat. Dan manfaatnya betul-betul dirasakan langsung oleh masyarakat," ujarnya.

Selain itu Ichwansyah mengharapkan Forum CSR bisa bersinergi dengan pemerintah dalam pemberdayaan dan penyaluran CSR sehingga tepat sasaran. Dan tidak ada lagi perusahaan menyalurlan CSR secara diam-diam baik kepada camat maupun lurah. "Forum CSR harus berperan aktif dan bisa bersinergi antarpemerintah, perusahaan dan masyarakat dalam membuat program. Sehingga apa yang diberikan benar-benar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat," kata Ichwansyah.

Sementara Bambang Gatot Ariyono memberikan apresiasi kepada jajaran Forum CSR Pertambangan Kaltim yang menjadi Forum CSR pertama di Indonesia. "Peran perusahaan dalam pengembangan masyarakat melalui CSR harus ditingkatkan. Karena selain manfaat finansial dari perusahaan kepada negara. Ada manfaat sosial yang harus dipenuhi juga. Peluang itu ada karena harga batu bara semakin meningkat, sehingga CSR juga meningkat," kata Bambang.

Ditambahkan, keberadaan Forum CSR dengan motto "Harmoni Dunia Tambang Untuk Kaltim" ini sangat luar biasa dan harus menjadi perhatian semua perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kaltim. "Saya akan promosikan Kaltim pada setiap kunjungan kerja saya ke daerah lainnya di Tanah Air," kata Bambang.

Hadir pada acara tersebut Kasubid Komersial Minerba Kementerian ESDM Surya Harjuna, Juru Bicara Gubernur Kaltim Hendro Prasetyio, Kadis ESDM Kaltim Amrullah, Direktur RSUD AWS Samarinda, Ketua Forum CSR Pertambangan dan Energi Kaltim Dindin Makinudin dan perwakilan manager perusahaan batu bara serta undangan lainnya. (mar/sul/humasprov)

Reporter : Humas Prov Kaltim    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0