25 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mengaku Terdampar, Tiga WNA Asal Filipina Diamankan Koramil Maratua


Mengaku Terdampar, Tiga WNA Asal Filipina Diamankan Koramil Maratua
Tiga WNA Asal Filipina Diamankan Koramil Maratua (Foto: Dayat)

KLIKBERAU.COM - Tiga warga negara asing (WNA) asal Filipina, masing-masing Bilibilan (51), Saleh (43), serta Arbin (21), diamankan pihak berwajib karena memasuki wilayah Indonesia, tepatnya di Maratua, Kabupaten Berau tanpa izin.

Ketiganya diamankan di salah satu resort Maratua, Jum'at (23/2) pagi, sekira pukul 09.30 Wita.

Diungkapkan Danramil Maratua Kapten inf Sarwono, saat dihubungi via seluler, tiga warga Filipina tersebut ternyata nelayan terdampar, akibat cuaca buruk. Disamping juga salah satu mesin induk kapal yang mereka gunakan mengalami kerusakan.

Menurutnya, tiga WNA tersebut awalnya berencana pulang menuju Bungau Filipina, dengan jarak tempuh sekira 1 hari 1 malam.

Namun karena cuaca buruk, mereka memutuskan singgah di Maratua, yang merupakan pulau terdekat dari perairan lepas. Dan saat akan berangkat, ternyata mesin kapal mengalami kerusakan.

"Mereka kemudian menuju salah satu resort di Maratua, untuk meminta makanan ke warga, karena bekal mereka habis. Saat itulah kita ketahui dan amankan untuk dimintai keterangan," ujar Sarwono.

Saat ini tiga warga Filipina tersebut masih dalam pemeriksaan, dan rencananya akan diserahkan ke Imigrasi kelas III Tanjung Redeb untuk ditindaklanjuti, pada Sabtu (24/2) pagi. (*)

*Kondisi kapal WNA Filipina di perairan Maratua (kiri), dan ketiganya dalam pemeriksaan Koramil Maratua (kanan)

Reporter : M Hidayat    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0