21 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Harga Barang Masih Tinggi, Wabup Agus Jadwalkan Sidak


Harga Barang Masih Tinggi, Wabup Agus Jadwalkan Sidak
Wakil Bupati Berau Agus Tantomo (Foto: Ferry)

KLIKBERAU.COM - Wakil Bupati Berau Agus Tantomo menyebut pihaknya akan turun langsung ke lapangan, guna menindaklanjuti banyaknya keluhan masyarakat, terkait harga barang yang masih tinggi di pasaran.

Apalagi biaya transportasi dan distribusi barang yang mayoritas melalui jasa peti kemas, telah dilakukan penurunan oleh Syahbandar.

Kroscek lapangan tersebut dipastikan Wabup Agus akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sehingga persoalan harga yang masih mengacu pada standar lama, bisa diketahui dan dicarikan solusi penyelesaian.

"Kami segera instruksikan Dinas Perindagkop untuk pengecekan harga di pasaran," ujarnya saat ditemui KlikBerau, Selasa (17/4) pagi.

Menurut Agus, jika mengacu hasil kesepakatan antara Pemkab dan DPRD, bersama pihak pengelola peti kemas pada rapat dengar pendapat (RDP) di Kantor DPRD Berau tahun 2017 lalu. Seharusnya harga barang telah disesuaikan dengan penurunan biaya distribusi peti kemas, yang diterapkan Syahbandar dalam beberapa waktu terakhir.

Namun demikian, acuan tersebut pun tak bisa dirujuk begitu saja. Mengingat stok barang yang dijual pedagang di pasaran, kemungkinan masih menggunakan harga distribusi lama. Sehingga belum ada penurunan secara signifikan.

"Siapa tahu itu masih stok dengan biaya distribusi lama. Apalagi penurunan biaya peti kemas ini kan baru saja, jadi tidak bisa juga serta merta langsung turun begitu harga di pasaran. Pedagang pasti akan menghabiskan dulu stok lamanya," tambah Agus.

Maka dari itu, dengan pengecekan langsung nantinya, Pemerintah bisa mendapat kejelasan terkait masih tingginya harga barang di pasaran. Terlebih adanya tenggat waktu selama tiga bulan penyesuaian, pasca penurunan biaya distribusi oleh syahbandar.

"Kita akan sidak, saya yang akan pimpin langsung mengecek di pasar. Agar kondisi seperti ini (harga tinggi) tidak terus terjadi," pungkasnya.

Sebelumnya, Syahbandar Kabupaten Berau mengatakan telah melakukan penyesuaian dan penurunan biaya peti kemas yang memasok barang selama ini. Dari sebelumnya Rp17,5 Juta menjadi Rp12,5 Juta untuk satu kali kedatangan.

Baca Juga: Biaya Peti Kemas Turun, Pemerintah Diimbau Selaraskan Penurunan Harga Barang

Hal itu pun diharap Syahbandar bisa mendorong Pemerintah Daerah, untuk segera melakukan penyesuaian harga barang di pasaran, yang saat ini masih tinggi dan banyak dikeluhkan masyarakat.

"Dengan penurunan biaya peti kemas, kami mendorong Pemerintah untuk turut berupaya agar harga barang serta kebutuhan pokok di Berau bisa ikut turun," ujar Kepala Bagian Fasilitas Pelabuhan Syahbandar Berau Abdurahman.(*)

Reporter : Ferry H    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0