20 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Intensitas Pasien Tinggi, Ruang Pelayanan Puskesmas Gayam Tak Memadai


Intensitas Pasien Tinggi, Ruang Pelayanan Puskesmas Gayam Tak Memadai
Salah satu ruang layanan di Puskesmas Gayam (Foto: Ferry)

KLIKBERAU.COM - Tingginya intensitas masyarakat yang berobat di Puskesmas Kampung Bugis Kelurahan Gayam Kecamatan Tanjung Redeb, menjadi persoalan baru bagi pengelola Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) tersebut.

Hal itu mengingat keterbatasan ruangan yang dimiliki puskesmas, dan tak lagi mampu menampung jumlah masyarakat yang datang. Bahkan, beberapa poli terpaksa digabung, agar ruangan lain bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih krusial.

Dijelaskan Kepala Tata Usaha Puskesmas Gayam Gunawan, dalam satu hari jumlah masyarakat yang datang berobat mencapai 90 orang, dari berbagai wilayah sekitar Tanjung Redeb yang dicakup pelayanan Puskesmas. Kondisi itu memaksa pihaknya untuk mengoptimalkan ruangan yang tersedia, guna mengakomodir seluruh pasien yang ada.

Belum lagi dengan jumlah rawat inap yang terus meningkat, kadang langsung dirujuk pihaknya ke RSUD Abdul Rivai untuk pelayanan yang lebih intensif.

"Satu ruangan itu kadang diisi dampai 3 poli, seperti Poli lansia digabung dengan poli rujukan, poli anak dengan poli gigi. Sehingga waktu tidak bisa diefisienkan untuk pelayanan. Sebab harus bergantian," ujarnya.

Maka dari itu ia pun berharap Pemerintah Daerah dapat mengakomodir usulan perluasan Puskesmas agar lebih mampu melayani masyarakat dengan maksimal. Terlebih dengan ketersediaan dokter yang mencukupi, hendaknya bisa ditunjang sarana dan prasarana yang juga memadai.

"Kalau dokter mencukupi, sesuai program pemerintah. Hanya keterbatasan ruangan yang menjadi kendala kami. Semoga Puskesmas segera diperluas, atau minimal ditingkat untuk menambah jumlah ruang pelayanan," harapnya. (*)

Reporter : Ferry H    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0