20 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Abrasi di Pulau Derawan, 20 Meter Bibir Pantai Habis


Abrasi di Pulau Derawan, 20 Meter Bibir Pantai Habis
Pulua Derawan Kabupaten Berau (ist)

KLIKBERAU.COM - Derawan sebagai salah satu pulau dengan keindahan yang sudah diakui wisatawan hingga mancanegara, terancam hilang jika tidak ada penanganan serius terkait abrasi yang terjadi sejak 2008 lalu.

Abrasi itu setidaknya telah menghilangkan 20 meter bibir pantai di Pulau Derawan, dan merobohkan dua rumah. Tentu saja ini menjadi kekhawatiran bagi masyarakat maupun wisatawan.

Suwarno salah satu warga setempat menuturkan, terkisisnya pasir pantai terjadi sejak akhir PON 2008 lalu, dan hingga kini sudah mencapai 20 meter.

“Sudah hampir 20 meter yang terkikis, selain juga ada dua rumah yang hancur. Jika tidak ditangani cepat, lama kelamaan Pulau Derawan akan tenggelam,” ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Mappasikra Mappaseleng menuturkan, hingga kini belum ada kajian ilmiah untuk mengetahui penyebab abrasi tersebut. juga perputaran air yang sulit dikendalikan, serta menggerus pasir putih.

Namun informasi yang beredar, robohnya bangunan akibat terlalu menjorok ke laut, dengan perpindahan pasir putih yang sudah sering terjadi.

“Untuk kajian ilmiah abrasi tersebut kami belum mengetahuinya, namun menurut informasi hal ini disebabkan maraknya bangunan yang menjorok ke laut,” tuturnya.

Namun begitu diakui Mapasikra, dibalik abrasi ada hikmah baru yang didapat. Yakni terbentuknya dua Gusung yang menjadi icon baru di Pulau Derawan, dan tidak sedikit pengunjung yang datang ke lokasi tersebut.

"Namun kami juga sedang mengkaji, hal apa yang bisa dilakukan untuk mencegah abrasi di Pulau Derawan tersebut," tambahnya.(*)

Reporter : M Hidayat    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0