25 Juli 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Peringati HUT PGRI, Muharram: Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan Kita


Peringati HUT PGRI, Muharram: Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan Kita
Bupati Muharram berikan penghargaan kepada para guru di Kabupaten Berau (Foto: Rika Widia)

KLIKBERAU.COM – Memperingati  HUT  PGRI ke-71 dan Hari Guru Nasional (HGN) Ke-23, Dinas Pendidikan Kabupaten Berau menggelar Seminar Pendidikan dengan mengangkat tema "Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan". Bertempat di GOR Tanjung Redeb, kegiatan ini dihadiri 3000 lebih guru se-Kabupaten Berau, Senin 5 Desember 2016.

Dalam kesempatan itu, Ketua PGRI Kabupaten Berau Suprapto mengatakan, meski kondisi keuangan pemerintah daerah saat ini sangat memprihatinkan, namun jika berbicara mutu pendidikan Berau, guru tetap harus memberikan pendidikan terbaik. Pengembangan mutu pendidikan merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan guru, dalam upaya menciptakan sumberdaya manusia yang andal.

"Meski defisit anggaran, PGRI tidak selalu berpangku pada dana yang besar untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Berau. Sebab bagaimanapun juga, kami adalah pendidik dan bertugas untuk mendidik anak bangsa yang ada di Kabupaten Berau ini," ungkapnya.

Menurut Suprapto, dalam upaya meningkatkan kompetensinya, guru harus aktif melakukan pembelajaran secara tatap muka maupun secara online. Hal itu sebagai tindak lanjut Uji Kompetensi Guru (UKG), yang juga diharap dapat di dukung pemerintah daerah, melalui sarana dan prasarana yang memadai.

“Kami mohon Bupati agar memprogramkan bagi guru ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta melengkapi fasilitas sekolah agar melek terhadap internet. Begitupun fasilitas penginapan bagi guru pedalaman yang akan ke kota, sehingga tidak perlu menginap di hotel apabila ada tugas yang harus diselesaikan,” tambahnya

Menanggapi hal tersebut, Bupati Berau Muharam yang turut hadir dalam kesempatan itu menyatakan jika pemerintah akan berupaya mengakomodir usulan para guru. Seperti halnya pemberian insentif bagi guru swasta, yang bisa diberikan melalui CSR sejumlah perusahaan.

Namun demikian, guru pun dituntut Muharram untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Berau, yang saat ini berkisar 0,001 persen.

"Data yang saya terima, minat baca di Kabupaten Berau masih jauh dari standar. Hal ini lah yang wajib kita tingkatkan, dan peran guru sangat penting disini. Sedangkan untuk insentif, akan saya upayakan melalui dana CSR beberapa perusahaan yang ada," ungkapnya. 

Selain itu, Muharram pun mengusulkan perpustakaan sekolah wajib memiliki minimal 20 jenis judul, dengan 200 referensi. Hal ini kata dia, juga dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan masyarakat di Kabupaten Berau.

“Kita masih perlu berbenah dalam bidang pendidikan. Lewat momentum ini, bisa menjadi evaluasi bagi kita bersama, untuk masa depan pendidikan yang lebih baik,” pungkasnya

Peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional kali ini, sejumlah guru berprestasi mendapat berikan penghargaan, sebagai wujud apresiasi terhadap pengabdian yang diberikan. Penghargaan diberikan langsung Bupati Muharram. (*)

Reporter : Rika Widia Sari    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0