23 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Harga Batubara Merosot, Kreditan Rumah di Balikpapan Macet


Harga Batubara Merosot, Kreditan Rumah di Balikpapan Macet

KLIKBERAU.COM - Anjloknya harga komoditas pertambangan dan penggalian mempengaruhi secara langsung penyaluran kredit pemilikan rumah oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk, Cabang Balikpapan.

Adapun tipe rumah yang terkena imbas hingga mengalami penurunan penjualan yaitu unit rumah kelas menengah, atau yang memiliki harga jual mulai Rp 400 juta sampai Rp 800 juta.

Kepala Cabang BTN Balikpapan Dwihatmo Arisumanto mengatakan imbas dari anjloknya industri batu bara tidak hanya mempengaruhi penyaluran KPR baru, tapi ikut pula mempengaruhi kemampuan bayar debitur ekisting.

Para debitur BTN banyak yang bekerja di sektor pertambangan batu bara dan penggalian migas.

“Sebanyak 60% dari profil debitur BTN bekerja di sektor pertambangan, dan rata-rata masuk daftar sulit membayar," ujar Dwi, kemarin, seperti yang dikutip.

Dwi berkata, menurunnya kemampuan bayar itu terjadi karena para debitur terkena PHK atau dirumahkan dan belum menerima panggilan bekerja kembali. Kondisi itu membuat debitur kesulitan melanjutkan cicilannya.

Selain itu, anjloknya industri unggulan Kaltim itu juga mengubah pola pasar properti. Pada masa kejayaan batu bara, masyarakat yang bekerja pada sektor itu tak segan-segan menginvestasikan uangnya di pasar properti.

Bahkan, lanjut Dwi, para investor properti itu tak pernah dibuat pusing fasilitas perumahan yang belum lengkap. Sekarang yang terjadi sebaliknya.(*)

Reporter : Siska M    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0