23 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Di Jepang, Harga Arwana Asal Kalimantan Tembus Rp 100 Juta


Di Jepang, Harga Arwana Asal Kalimantan Tembus Rp 100 Juta

KLIKBERAU.COM - Sebagian besar jenis ikan hias asal Indonesia menjadi primadona di negeri orang. Bahkan rata-rata harga jualnya di luar negeri cukup tinggi.

Misalnya ikan arwana super red asal Kalimantan. Di Jepang harga ikan jenis ini bisa tembus hingga Rp 100 juta/ekor. Padahal di Indonesia harga ikan jenis ini hanya berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta/ekor.

"Arwana super red, karena memang paling disukai saja oleh pasar. Harganya macam-macam mulai Rp 1 juta yang kecil sampai Rp 100 juta. Pasar paling tertarik dengan ini Jepang," ungkap Ketua Dewan Ikan Hias Indonesia (DIHI) Suseno Sukoyono.

Menurut Suseno, tinggi harga penawaran ikan arwana super red di Jepang disebabkan karena ikan ini unik. Bentuk kumis yang menyerupai lidah ular pada ikan arwana tentu tidak akan bisa ditemui pada jenis ikan lainnya. Badannya yang ramping dan cantik juga menambah ketertarikan masyarakat Jepang untuk memiliki ikan jenis ini.

"Alasannya karena pasar memang tertarik, ya kalau ikan hias ya karena ikannya cantik," tambahnya.

Selain ikan arwana super red, ada beberapa jenis ikan hias lain asal Indonesia yang laku di pasar internasional. Misalnya ikan neon tentra asal Bogor dan nemo (clownfish) dari lautan Indonesia.

"Kami ingin meningkatkan bisnis ikan hias yang berkelanjutan, karena terbukti ini memiliki peluang yang begitu besar untuk perekonomian," sebutnya.

Selama 2016 Indonesia mampu mengekspor 65 juta dolar AS atau setara dengan Rp 864,5 miliar (kurs Rp 13.300/dolar AS). Nilai tersebut naik 61 persen bila dibandingkan capaian di tahun 2016 yang hanya 40 juta dolar AS. Sedangkan di tahun 2017 ini, DIHI menargetkan angka ekspor ikan hias di kisaran 70 juta dolar AS.(*)

Reporter : Inara Dafina    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0